KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Cibalong Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021)

ANJANI, DINI SRI (2021) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Cibalong Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISIU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DINI SRI ANJANI. 2021. Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Ngeri 2 Cibalong Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada masa pandemi Covid-19, dan korelasi antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Cibalong Tasikmalaya dan sampel diambil menggunakan sampel acak kelas yaitu kelas VIII-B sebanyak 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket motivasi belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran angket motivasi belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengolahan data berupa penskoran angket motivasi belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, teknik analisis data yang digunakann untuk menguji hipotesis yaitu analisis data deskriptif, uji prasayarat dengan uji normalitas, uji linearitas regresi dan signifikansi, serta uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 dengan kategori tinggi sebanyak 7 orang dengan persentase 21,88%, kategori sedang sebanyak 20 orang dengan persentase 62,5% dan kategori rendah sebanyak 5 orang dengan persentase 15,62%, artinya motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 cenderung dalam kategori sedang, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada masa pandemi Covid-19 dengan kategori tinggi sebanyak 8 orang dengan persentase 25%, kategori sedang sebanyak 11 orang dengan persentase 34,375% dan kategori rendah sebanyak 7 orang dengan persentase 21,875%, dan kategori sangat rendah 6 orang denga persentase 18,75%. Artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada masa pandemi Covid-19 dalam kategori sedang, serta terdapat korelasi antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada masa pandemi Covid-19 dengan keeratan koefisien kedua variabel tersebut memiliki kriteria korelasi postif sedang. Kata kunci : motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:53
Last Modified: 10 Mar 2022 04:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item