PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONTRUKSIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Latipah, Ani (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONTRUKSIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (13MB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (13MB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (13MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (13MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (13MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (13MB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (13MB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (13MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (13MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (13MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (13MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Ani Latipah. 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan serta Mengontruksikan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Dalam kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Indonesia berorientasi pada teks sehingga kompetensi dasar pelajaran Bahasa Indonesia berisi tentang kompetensikompetensi yang berkaitan dengan teks. Salah satu teks yang harus dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik dalam kurikulum 2013 revisi yaitu teks eksposisi tepatnya pada kompetensi dasar menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengontruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran problem based learning meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengontruksikan teks eksposisi pada peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian tindakan kelas merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah kelas X SMA Muhammadiyah Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hasil pembelajaran pada siklus pertama menunjukkan bahwa pada aspek pengetahuan peserta didik yang belum mencapai nilai KKB berjumlah 10 (50%) peserta didik dan pada aspek keterampilan peserta didik yang belum mencapai KKB berjumlah 7 peserta didik (35%). Pada siklus kedua, pada aspek pengetahuan semua peserta didik 100% sudah mencapai KKB dan pada aspek keterampilan semua peserta didik 100% sudah mencapai KKB. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengontruksikan teks eksposisi pada peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Mar 2022 15:36
Last Modified: 09 Mar 2022 15:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item