Agustine, Yola (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN LAYANAN PENGOBATAN DI UPTD PUSKESMAS BANTAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (760kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (174kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (226kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
7. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
Abstract
ABSTRAK YOLA AGUSTINE FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN LAYANAN PENGOBATAN DI UPTD PUSKESMAS BANTAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020 Pemanfaatan pelayanan kesehatan merupakan hasil dari proses pencarian pelayanan kesehatan oleh seseorang maupun kelompok. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pencarian pelayanan kesehatan berarti juga mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan/utilitas. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, jumlah kunjungan terendah puskesmas di Kota Tasikmalaya pada tahun 2018 terdapat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bantar yaitu sebanyak 3.948 kunjungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan layanan pengobatan di UPTD Puskesmas Bantar Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah cross sectional menggunakan teknik pengambilan sampel quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 353 KK. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi square. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan antara keyakinan terhadap pelayanan kesehatan dengan pemanfaatan layanan pengobatan (p=0,000),ntidak adamhubungan antara kepemilikan asuransi kesehatan dengan pemanfaatan layanan pengobatan (p=0,096), dan ada hubungan antara persepsi sakit dengan pemanfaatan layanan pengobatan (p=0,000). Saran dalam penelitian ini adalah puskesmas perlu membina hubungan kepercayaan dengan masyarakat sehingga menimbulkan sugesti positif terhadap masyarakat dimana masyarakat dapat lebih menyakini/mempercayai bahwa fasilitas kesehatan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami masyarakat. Kata kunci: Keyakinan Terhadap Pelayanan Kesehatan, Kepemilikan Asuransi Kesehatan, Persepsi Sakit, Pemanfaatan Layanan Pengobatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 15:35 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 15:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5020 |
Actions (login required)
View Item |