KORELASI ANTARA METAKOGNITIF DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

HERMANA, SALMA JUNAINA (2021) KORELASI ANTARA METAKOGNITIF DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (62kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (56kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf

Download (579kB)
[img] Text
13. Bab III.pdf

Download (945kB)
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK SALMA JUNAINA HERMANA, 2021. KORELASI ANTARA METAKOGNITIF DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun Ajaran 2020/2021) . Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara metakognitif dan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 sd Agustus 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi seluruh kelas X MIPA. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas X MIPA 1 dan X MIPA 7 sebanyak 72 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yang sudah tervalidasi yaitu Metacognitive Awareness Inventory (MAI) sebanyak 48 soal pernyataan dan angket kecerdasan intrapersonal sebanyak 24 soal pernyataan. Sedangkan skor data hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari skor ulangan harian ekosistem. Data analisis menggunakan uji korelasi pearson (bivariat) dan uji regresi berganda (multivariat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) ada korelasi antara metakognitif dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,621 yang termasuk kedalam kategori kuat, kemudian didapat juga nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar, 0,385 atau 38,5%. (ii) Ada korelasi antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,736 yang termasuk kedalam kategori kuat, kemudian didapat juga nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar, 0,542 atau 54,2%. (iii) Ada korelasi antara metakognitif dan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,776 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,602 atau 60,2% yang artinya berkorelasi kuat. Kata Kunci: Korelasi; Metakognitif; Kecerdasan Intrapersonal; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:09
Last Modified: 07 Mar 2022 07:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item