GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (Studi pada PKBM Gema, PKBM Harapan Baru dan PKBM Danis Jaya di Kota Tasikmalaya)

Bahrulmilah, Mila (2020) GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (Studi pada PKBM Gema, PKBM Harapan Baru dan PKBM Danis Jaya di Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (402kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK MILA BAHRULMILAH. 2020. Gaya Kepemimpinan dalam Peningkatan Mutu Layanan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Studi pada PKBM Gema, PKBM Harapan Baru dan PKBM Danis Jaya di Kota Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dibimbing oleh Lesi Oktiwanti dan Adang Danial. Penelitian ini di latar belakangi oleh nilai akreditasi yang berbeda pada masing-masing PKBM, dan mimiliki gaya kepemimpinan yang berbeda sehingga dapat ditarik rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana gaya kepemimpinan lembaga PKBM yang terakreditasi A dan B dan bagaimana mutu layanan PKBM berdasarkan pada gaya kepemimpinan Ketua PKBM Gema, PKBM Harapan Baru dan PKBM Danis Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan ketua PKBM dalam meningkatkan mutu layanan PKBM di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi fenomenologi, merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua pengelola PKBM dan salah satu tutor di masing-masing PKBM. Teknik pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mutu layanan PKBM yang memenuhi standar minimal manajemen adalah PKBM yang Ketuanya memiliki gaya kepemimpinan demokratis dengan memberikan kesempatan kepada pengelola untuk berkreasi dan berpartisipasi membangun lembaga tersebut dan tegas dalam memenuhi standar pelayanan, PKBM yang memiliki nilai akreditasi A dipimpin oleh kepala PKBM yang memiliki gaya kepemimpinan demokratis. Simpulan dari hasil penelitian bahwa gaya kepemimpinan yang ditemukan pada ketiga PKBM tersebut tipe demokratik dan tipe Laissez Faire, PKBM Gema yang terakreditasi A memiliki gaya kepemimpinan tipe demokratik, pada PKBM Harapan Baru dan PKBM Danis Jaya yang terakreditasi B memiliki gaya kepemimpinan tipe Laissez Faire. Kata Kunci: Gaya, Mutu, Layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Mar 2022 01:42
Last Modified: 04 Mar 2022 01:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item