ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN YANG MEMILIKI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT

AZIZAH, MELA NUR (2018) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN YANG MEMILIKI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
142151082-MELA NUR AZIZAH-SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MELA NUR AZIZAH. 2014. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN YANG MEMILIKI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univpersitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan jenis dan penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik berdasarkan prosedur Newman yang memiliki gaya kognitif Field Dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Think Aloud. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen bantuan yaitu soal pemecahan masalah matematik dan Group Embedded Figure Test (GEFT). Subjek penelitian ini adalah empat peserta didik dari kelas IX-A MTs Bahrul Ulum Tasikmalaya yang mewakil kesalahan Newman terhadap soal pemecahan masalah matematik yang dikerjakan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent meliputi kesalahan membaca soal, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban. Penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu: (1) peserta didik tidak dapat memahami atau membaca symbol atau istilah yang terdapat pada soal, (2) tidak teliti dalam membaca soal dan tidak terbiasa dalam menuliskan diketahui dan ditanyakan, (3) tidak menuliskan pemisalan variabel dari soal sehingga tidak mampu membuat model matematikanya, (4) salah menggunakan operasi hitung, (5) tidak mampu menentukan konsep untuk menyelesaikan soal, (5) melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya. Kata kunci: Analisis Kesalahan Newman, Pemecahan Masalah Matematik, Gaya Kognitif Field Dependent

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:40
Last Modified: 02 Mar 2022 06:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item