Pratama, Ajhar Addy (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sidamulih Kabupaten Pangandaran Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (39kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan fin.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (7kB) |
Abstract
Menelaah stuktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun begitu, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VII SMPN 1 Sidamulih Tahun Ajaran 2020/2021 yang masih belum mampu menelaah struktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan teks deskripsi. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan teks deskripsi. Sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil belajar siklus kesatu aspek pengetahuan KD 3.2 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi, peserta didik yang belum mencapai KKM 11 orang (55%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (45%), dan aspek keterampilan KD 4.2 menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi, peserta didik didik yang belum mencapai KKM 14 orang (70%) dan yang sudah mencapai KKM 6 orang (30%). Pada siklus kedua, aspek pengetahuan KD 3.2 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan deskripsi, peserta didik yang sudah mencapai KKM 20 orang (100%), dan aspek keterampilan KD 4.2 menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi, peserta didik yang sudah mencapai KKM 20 orang (100%). Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Sidamulih Tahun Ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 03:57 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 03:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4910 |
Actions (login required)
View Item |