ARYANI, PUTRI INDRI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN WEB BASED APPLICATION NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (223kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (95kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (645kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (429kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran jarak jauh dan pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar matematika pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan post test only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Tasikmalaya dengan sampel penelitian kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol, dimana sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket motivasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistika non-parametrik mann whitney test untuk membandingkan median dari dua kelompok tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukan penggunaan Nearpod mendorong partisipasi peserta didik serta membantu guru memonitoring aktivitas belajar peserta didik secara real-time selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan uji hipotesis pertama menunjukan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan uji hipotesis kedua menunjukan motivasi belajar matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar matematika pada pembelajaran jarak jauh. Kata kunci : Nearpod, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 01:42 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 01:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4893 |
Actions (login required)
View Item |