HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI METABOLISME (Uji Korelasional di Kelas XII SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

WIJIASTUTI, ADELIA (2021) HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI METABOLISME (Uji Korelasional di Kelas XII SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
judul.pdf

Download (48kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (203kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN TEORETIS.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK ADELIA WIJIASTUTI, 2021. KORELASI ANTARA LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI METABOLISME (Studi Korelasional di kelas XII MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun Ajaran 2020/2021) . Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pendidikan pada abad 21 berorientasi terhadap kemajuan teknologi, literasi sains serta keterampilan proses sains merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui korelasi antara literasi sains dan keterampilan proses sains dengan hasil belajar peserta didik pada materi metabolisme pada kelas XII MIPA di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020–September 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XII MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 7. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes Literasi sains dan tes keterampilan proses sains. Data hasil belajar diperoleh dari data sekunder guru mata pelajaran biologi berupa skor ulangan harian pada materi metabolisme. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat dan uji korelasi multivariat untuk uji hipotesis menggunakan software SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan hasil analisis penelitian menyimpulkan terdapat korelasi antara literasi sains dengan hasil belajar kategori sedang sebesar 0,557, dan berkontribusi sebesar 31%. Kemudian terdapat korelasi antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar kategori sedang sebesar 0,566, dan berkontribusi sebesar 32%. Terdapat korelasi antara literasi sains, dan keterampilan proses sains dengan hasil belajar kategori kuat sebesar 0,711 dan berkontribusi sebesar 50,5% yang sisanya merupakan variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara literasi sains dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Korelasi; Literasi Sains; Keterampilan Proses Sains; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:46
Last Modified: 24 Feb 2022 07:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item