ANGGIANI, RIZKYA (2020) REDUCING STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN EFL CLASSROOM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Rizkya Anggiani (142122102).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rizkya Anggiani. 2020. “Reducing Students’ Speaking Anxiety in EFL Classroom”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode bermain peran dapat mengurangi kecemasan peserta didik dalam berbicara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik dan guru bahasa Inggris, beberapa referensi, dan lingkungan belajar yang ada di salah satu SMA Negeri di Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan. Analisis data yang dikumpulkan menggunakan empat tahap penelitian tindakan yang disarankan oleh Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa metode bermain peran mampu mengurangi kecemasan peserta didik dan meningkatkan kepercayaan dirinya dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Penggunaan metode bermain peran juga mampu menarik dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk menyimak materi pelajaran. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode bermain peran dalam rangka mengurangi kecemasan peserta didik dalam berbicara bahasa Inggris. Selain itu, juga menyarankan kepada guru untuk menambah tema dan topik yang lebih relevan pada saat pembelajaran sebagai upaya untuk mengurangi kecemasan peserta didik dalam berbicara bahasa Inggris. Kata kunci: kecemasan berbicara, bermain peran (role play)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4830 |
Actions (login required)
View Item |