Puji Astuti, Anggi (2019) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LABORATORIUM PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SILIWANGI PADA MATERI RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI IIS 2 MAN 2 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018-2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (94kB) |
|
Text
4 ABSTRAK BLM.pdf Download (181kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (195kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (246kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB IV belum beres.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan laboratorium pendidikan sejarah, untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa yang muncul dengan menggunakan laboratorium pendidikan sejarah, untuk mengetahui gambaran kendala yang ditemukan dengan memanfaatkan laboratorium sejarah pada materi respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang di kelas XI iis 2 MAN 2 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Penelitian dengan metode deskriptif digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang apa atau bagaimana keadaan sesuatu dan melaporkan sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian dengan menggunakan catatan lapangan, lembar observasi dan pedoman wawancara. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS MAN 2 Tasikmalaya dengan mengambil sampel dari kelas XI IIS 2 MAN 2 Tasikmalaya. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan jawaban tersebut dideskripsikan ke dalam bentuk persentase yang diperoleh dari lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa indikator dalam aktivitas belajar siswa dengan memanfaatkan laboratorium pendidikan sejarah dikategorikan dalam kategorikan ke dalam kategori sangat tinggi dan ada juga yang masuk ke dalam kategori rendah. Adapun kendala yang terdapat dalam penelitian ini yaitu jarak antara laboratorium dan sekolah cukup jauh dikarenakan di sekolah belum terdapat laboratorium sejarah. Kata Kunci: Deskriptif Kualitatif, Aktivitas Belajar, Laboratorium
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:12 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
View Item |