CAHYANTO, IRFAN DWI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (56kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
LEMBAR PENGASAHAN ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf Download (424kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
ABSTRAK IRFAN DWI CAHYANTO (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Barisan dan Deret Ditinjau dari Self Efficacy. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis serta kesulitan yang dialami siswa waktu meyelesaikan soal koneksi matematis pada materi barisan dan deret ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data self efficacy diperoleh dengan membacakan setiap pernyataan terhadap siswa yang dipilih secara acak kemudian ditanggapinya. Setiap tanggapan siswa mempunyai skor, kemudian skor tiap siswa dihitung dan dikelompokan berdasarkan kategori self efficacy. Dari setiap kategori tersebut, siswa diambil satu persatu secara berurutan dimulai dari yang mendapat skor tertinggi untuk menyelesaikan soal tes kemampuan koneksi matematis dengan thing a loud sampai didapatkan siswa yang mengalami kesulitan. Siswa yang mengalami kesulitan diwawancara untuk menggali lebih dalam kesulitan yang yang dialaminya. Proses tersebut dilakukan sampai didapatkan data jenuh. Dari hasil proses tersebut, dengan teknik purposive didapatkan 1 subjek penelitian dari masing-masing kategori self efficay, yaitu siswa yang bisa memberikan informasi paling lengkap berupa kemampuan koneksi matematis dan kesulitan saat menyelesaikan soal tes. Data yang diperoleh diolah, dianalisis dan disajikan ke dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, analisis data disimpulkan bahwa subjek dari kategori self efficacy sangat tinggi (SEST) menguasai kemampuan koneksi matematis antar topik matematika, kemampuan koneksi matematis dengan bidang ilmu lain, dan mempunyai kemampuan mengkoneksikan matematika dengan kehidupan nyata, walau sempat mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal tes tersebut ditandai dengan adanya kesalahan operasi karena kurang teliti. Subjek dari kategori self efficacy tinggi (SET) menguasai kemampuan koneksi matematis antar topik matematika, kemampuan koneksi matematis dengan bidang ilmu lain, namun belum mempunyai kemampuan koneksi matematis dengan dunia nyata, hal tersebut ditandai dengan adanya kesalahan prinsif dan kesalahan konsep waktu menyelesaikan tes. Subjek dari kategori self efficacy rendah (SER) belum menguasai kemampuan koneksi matematis antar topik matematika, kemampuan koneksi matematis terhadap bidang ilmu lain, dan belum mempunyai kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan nyata siswa. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi ternyata SER mengalami kesulitan fakta yaitu kesulitan memahami makna soal, kemudian SER tidak percaya diri dan mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan yang dialaminya. SER belum menguasai materi barisan geometri. Kata Kunci : Kesulitan, Kesulitan Siswa, Kemampuan Koneksi Matematis, Self efficacy
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:44 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4798 |
Actions (login required)
View Item |