SUPARTINI, NIDA (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (45kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, & DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (105kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (153kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (216kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (145kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK NIDA SUPARTINI. 2021. Analisis Kesalahan Peserta Didik Tunagrahita dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan peserta didik tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian diambil dari peserta didik tunagrahita kelas VII kemudian diambil 6 subjek penelitian, pemilihan subjek dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan wawancara. Instrumen pendukung yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian peserta didik tunagrahita melakukan kesalahan yaitu kesalahan faktual melakukan kesalahan tidak menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, terdapat kesalahan dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak lengkap dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak lengkap dalam menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, dan kesalahan dalam menuliskan simbol-simbol matematika; kesalahan konseptual melakukan kesalahan dalam menentukan rumus, dan kesalahan tidak dapat menentukan rumus; kesalahan prosedural melakukan kesalahan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika, dan kesalahan tidak menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan peserta didik tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang berlatih dalam menyelesaikan soal-soal tentang operasi hitung, belum menguasai materi, dan tidak mengerti maksud dari soal yang diberikan. Kata kunci: Kesalahan, Faktor Penyebab Kesalahan, Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:43 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4792 |
Actions (login required)
View Item |