YULIANTI, RISKA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SodaPDF-converted-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK RISKA YULIANTI. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi matematis peserta didik dan kemampuan komunikasi matematik peserta didik ditinjau dari disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber penelitian terdiri dari pelaku (actors), tempat (place) dan aktivitas (activity). Tempat (place) yaitu SMP Islam Bahrul Ulum. Pelaku (actors) yaitu peserta didik kelas VII-F SMP Islam Bahrul Ulum tahun ajaran 2019/2020 yang hadir ketika penelitian berlangsung. Aktivitas (activity) yaitu penyebaran angket disposisi matematis, pengerjaan tes kemampuan komunikasi matematik oleh subjek terpilih dan wawancara dengan subjek terpilih. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen tambahan yaitu angket disposisi matematis dan tes kemampuan komunikasi matematik. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan purposive yaitu diambil satu subjek dari setiap kategori disposisi matematis yang ada. Dalam penelitian ini diambil 2 subjek penelitian karena hanya ditemukan 2 kategori disposisi matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: a) Disposisi matematis peserta didik yang terdapat pada kelas VII-F SMP Islam Bahrul Ulum tahun ajaran 2019/2020 terdiri dari 2 kategori yaitu kategori disposisi matematis baik dan cukup. Dari 26 peserta didik kelas VII-F yang melakukan pengisian angket disposisi matematis, 17 peserta didik memiliki disposisi matematis kategori baik dan 9 peserta didik memiliki disposisi matematis kategori cukup. b) Kemampuan komunikasi peserta didik ditinjau dari disposisi matematis, memiliki hasil yang sama. Peserta didik dengan kemampuan komunikasi pada kategori baik dan cukup belum mampu menyelesaikan ke empat indikator kemampuan komunikasi matematik. Kata kunci: : Analisis, Disposisi matematis, Kemampuan Komunikasi Matematik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:39 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4742 |
Actions (login required)
View Item |