PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Plus Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya)

PAMUNGKAS, RIDA FIRDAUS (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Plus Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Text
5 Abstrack.pdf

Download (10kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7 Daftar Isi.pdf

Download (788kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (842kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (865kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB)

Abstract

ABSTRAK Rida Firdaus Pamungkas. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar dan Ligkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Plus Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitasi Siliwangi. Dibawah bimbingan Drs. Syamsudin Arnasik, M. Pd. dan Rendra Gumilar, M. Pd. Permasalahan pokok dalam penelitian ini mengenai proses pelaksanaan pembelajaran di SMA Plus Pancatengah kabupaten Tasikmalaya yang masih belum mendapat hasil maksimal dan tergolong rendah dari apa yang diharapkan. Hasil Ujian Akhir Semester (UAS) pun masih terdapat beberapa siswa yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sehingga perlu perhatian mengenai pentingnya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Adapun tujuannya untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Plus Pancatengah kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 peserta didik, teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan sampel jenuh yang hasilnya sampelnya sama dengan populasi yang ada yaitu sebanyak 56 peserta didik kelas XI IPS SMA Plus Pancatengah kabupaten Tasikmalaya. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t (Parsial, Simultan), uji F (Simultan) dan Uji determinasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh Thitung sebesar 2,945 dan Ttabel sebesar 2,003 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hipotesis kedua diperoleh Thitung sebesar 3,221 dan Ttabel sebesar 2,003 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Fhitung sebesar 23,502 dan Ftabel sebesar 3,16 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:00
Last Modified: 17 Feb 2022 02:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4732

Actions (login required)

View Item View Item