PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI EMPIRIS DESA SUKAMULYA KABUPATEN TASIKMALAYA)

Ruslan, Gusvi Amanda (2020) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI EMPIRIS DESA SUKAMULYA KABUPATEN TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Gusvi Amanda Ruslan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK GUSVI AMANDA RUSLAN 2020, Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Empiris Desa Sukamulya Kabupaten Tasikmalaya), Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Bank Syariah merupakan bank atau lembaga keuangan yang didalamnya menganut atau mejalankan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Bank Syariah memiliki beberapa perbedaan dengan Bank Konvensional. Adanya perbedaan tersebut memberikan persepsi pada masyarakat mengenai Bank Syariah. Timbulnya persepsi terseut dapat mempegaruhi minat masyarakat untuk menjadi nasabah di Bank Syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat mengenai Bank Syariah, bagaimana minat masrayakat menjadi nasabah Bank Syariah, serta Bagaimana pengaruh persepsi masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Syariah. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai Bank Syariah, mengetahui minat masyarakat untuk menjadi nasabah Bank Syariah serta untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kkuantitatif. Dengan pengumpulan informasi melalui kuesioner dan pengambilan populasi masyarkat Desa Sukamluya dengan sampel 100 orang. Teknik analsis data menggunakan analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan koefisien non determinasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh X terhadap Y berdasarkan analisa regresi linier sederhana diperoleh Y = 13,631 + 0,584X, koefisien korelasi sebesar 0,732, koefisien determinasi sebesar 53,2% dan koefisien non determinasi sebesar 46,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah Bank Syariah atau Ha diterima dan H0 ditolak. Kata kunci : Persepsi Masyarkat, Minat, Nasabah, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:25
Last Modified: 15 Feb 2022 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item