IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN ONE PESANTREN ONE PRODUCT MELALUI BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Studi di Pondok Pesantren Nurul Wafa, Sukarame, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya)

AISYAH, SITI (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN ONE PESANTREN ONE PRODUCT MELALUI BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Studi di Pondok Pesantren Nurul Wafa, Sukarame, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR dan Lampiran.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK AISYAH, 2020. IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN ONE PESANTREN ONE PRODUCT MELALUI BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Studi di Pondok Pesantren Nurul Wafa Sukarame, Singaparna Kabupaten Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Program One Pesantren One Product (OPOP) merupakan program baru pemerintah Jawa Barat sebagai upaya membangun kemandirian pesantren melalui pemberdayaan ekonomi dengan pemberian program pembinaan terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program pelatihan One Pesantren One Product melalui Budidaya Jamur Tiram yang ada di Pondok Pesatren Nurul Wafa, Sukarame, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan adanya program OPOP,usaha budidaya jamur tiramyang merupakan usaha startup di Pondok Pesantren Nurul Wafa dapat dilaksanakan dengan sistematis dan terencana sehingga mampu memaksimalkan hasil usaha. Adanya pelatihan, pendampingan, temu bisnis, serta pendanaan yang diberikan pemerintah melalui program OPOP dapat membantu pesantren dalam mengelola usahanya. Pelatihan OPOP memiliki banyak peran dan memberikan banyak manfaat bagi lembaga pesantren dan santri dalam mengelola usaha dan mengembangkan sumber daya yang ada baik dari segi pengetahuan, keterampilan juga pengalaman, serta bagi masyarakat sekitar pesantren dengan memanfaatkan dan menggunakan produk lokal khususnya produk buatan pesantren. Kata kunci : Budidaya, Pelatihan dan Pesantren

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:15
Last Modified: 14 Feb 2022 01:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item View Item