MUNTARI, JENI MUHAMAD (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBANTUAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) BERBASIS QUIPPER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
5. ABSTRAK DAN ABSTRACK.pdf Download (57kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (10kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN.pdf Download (63kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (97kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (456kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (270kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
13. DAFTAR SUMBER.pdf Download (77kB) |
Abstract
ABSTRAK Jeni Muhamad Muntari.2021. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBANTUAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) BERBASIS QUIPPER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/2021” Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk pengaruh peggunaan media video berbantuan LMS (learning management system) berbasis quipper terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah indonesia materi masuknya islam ke nusantara pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA negeri 8 tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre�exeperimental. Desain penelitian ini yaitu one-grup-pretest-posttest dengan teknik sampel sampling purposive. Kelas yang digunakan X IPS 3 SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya sebanyak 29 Peserta didik. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu tes berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 27 soal. Berdasarkan hasil Penelitian yang telah dilakukan maka: 1) Proses pembelajaran sebelum menggunakan quipper yaitu dengan menggunakan media youtube proses pembelajaran berjalan dengan baik namun antusias peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung masih kurang 2). Proses pembelajaran sejarah indonesia secara daring yang menggunakan media quipper di kelas X IPS 3 SMA Negeri 8 Tasikmalaya pertama guru menyiapkan materi yang sudah dibuat dan telah disesuaikan dengan materi ajar, selanjutnya guru mengirimkan materi kepada grup kelas yang sudah ada di quipper, setelah itu guru menginstruksikan lewat whatsapp kepada murid untuk membaca materi yang sudah di kirim di grup kelas yg tersedia di quipper, guru juga memberi waktu untuk murid membaca, setelah waktu selesai guru mengadakan diskusi melalui grup kelas di whatsapp dan setelah diskusi selesai guru mengirimkan soal kepada peserta didik untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. 2). Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan paired sample t-test diketahui nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media belajar quipper terhadap hasil belajar peserta didik. Keyword: Media Video, Quipper, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 02:00 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 02:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4545 |
Actions (login required)
View Item |