HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMAN 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

SYIFA, SYIFA (2021) HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMAN 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
3_PERNYATAAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4_ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
5_KATA PENGANTAR DAN UCAPAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
6_DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (428kB)
[img] Text
7_BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8_BAB 2.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9_BAB 3.pdf

Download (885kB)
[img] Text
10_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK SYIFA. 2021. HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021) Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Hasil belajar sering dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Setiap peserta didik memiliki hasil belajar yang berbeda-beda. Hal ini karena hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salahsatunya ialah self efficacy dan self regulated learning yang termasuk ke dalam faktor internal hasil belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik analsisi data uji korelasi berganda. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Kota Tasikmalaya dengan populasi seluruh kelas X MIPA sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian yaitu sebanyak 36 peserta didik dari kelas X MIPA 3 dan X MIPA 6 dan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen self efficacy yang dibuat berdasarkan indikator dari Albert Bandura, instrumen self regulated learning yang diadaptasi dari Pintrinch and Degroot, untuk data hasil belajar diperoleh dari skor ujian akhir sekolah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang tidak signifikan antara self efficacy dan hasil belajar peserta didik. Adapun besar koefisien korelasi antara self efficacy dengan hasil belajar ialah sebesar 0,183 dan berada pada kategori yang sangat rendah. Terdapat korelasi yang signifikan antara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik. Adapun besar koefisien korelasi antara self efficacy dan self regulated learning dengan hasil belajar ialah sebesar 0,370 dan berada pada kategori rendah. Serta terdapat korelasi yang tidak signifikan antara self efficacy dan self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Adapun besar koefisien korelasi antara self efficacy dan self regulated learning dengan hasil belajar ialah sebesar 0,371 dan berada pada kategori rendah. Adapun kontribusi self efficacy dan self regulated learning dengan hasil belajar adalah sebanyak 13,8 %, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara self efficacy dan self regulated learning pada hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Self Efficacy, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:40
Last Modified: 08 Feb 2022 04:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

View Item View Item