ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT- FIELD INDEPENDENT DAN METAKOGNISI

BIDHAYANTI, MARYANA ELVIRA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT- FIELD INDEPENDENT DAN METAKOGNISI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (291kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (689kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (748kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK MARYANA ELVIRA BIDHAYANTI (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent- Field Independent dan Metakognisi. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dari level kemampuan literasi ditinjau dari gaya kognitif field dependent-field independent dan metakognisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Ciamis dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang dari kelas XII IPA 2. Pengumpulan data untuk gaya kognitif field dependent-field independent dilakukan dengan GEFT (Group Embedded Figue Test) kemudian dikategorikan menurut kategori dari Gordon, & Wyant (Puspananda & Suriyah, 2017), kemudian pengumpulan data untuk metakognisi dilakukan dengan memberikan angket Jr. Mai (Junior Metakognitive Awarness Inventory) hasil pernyataan siswa diberikan skor dan di kategorikan menjadi kategori metakognisi tinggi, sedang dan rendah. Dari setiap kategori dijadikan sebuah kelompok subjek kemudian di berikan soal tes kemampuan literasi matematis. Sehingga dapat dianalisis level kemampuan literasi dengan ditinjau dari metakognisi dan gaya kognitif field dependent-field independent. Proses tersebut dilakukan sampai mendapatkan data yang dibutuhkan peneliti yaitu sudah dikatakan jenuh. Dari hasil proses tersebut, dengan teknik purposive didapatka subjek penelitian dari setiap kategori metakognisi tinggi, sedang, rendah dan gaya kognitif field dependent-field independent, yaitu siswa yang dapat memberikan informasi paling lengkap berupa kemampuan literasi matematis dengan tingkatan level kemampuan literasi matematis dari level 1 sampai dengan tingkatan tertinggi yaitu level 6. Data yang diperoleh diolah, dianalisis dan disajikan ke dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, analisis data disimpulkan bahwa Field dependent metakognisi tinggi dan field independent metakognisi tinggi mencapai level 1 sampai dengan level 5 kemampuan literasi matematis, namun tidak mampu pencapai level 6 pada keamampuan literasinya, hal tersebut ditandai dengan tidak mampunya subjek dalam menggeneralisasikan dan menggunakan penalaran matematisnya. Field dependent metakognisi sedang dan field independent metakognisi sedang mencapai level 1, level 3, level 4, dan level 5 kemampuan literasi matematis, namun subjek tidak mampu untuk menyelesaikan level 2 dan level 6 kemampuan literasinya, ini dikarenakan kurangnya pemahaman tentang pengenalan situasi matematika, menggunakan rumus dan menyelesaikan suatu masalah, kemudian tidak mampunya dalam menggunakan penalaran matematis untu generalisasi matematikanya. Field dependent metakognisi rendah dan field independent metakognisi rendah hanya mencapai level 1 atau level terendah dari kemampuan literasi matematisnya, hal ini ditandai tidak tuntasnya penyelesaian soal literasi matematis. Ini menunjukkan bahwasannya siswa memiliki kemampuan literasi yang rendah dengan metakognisi rendah. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis Siswa, Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent dan Metakognisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:29
Last Modified: 08 Feb 2022 04:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item View Item