PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

DZAKIAH, MISLIA INSANI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MISLIA INSANI DZAKIAH. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL). Data dalam penelitian ini diambil dari posttest kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis peserta didik yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mendapatkan skor tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Plus Muhammadiyah Singaparna sebanyak 86 orang. Sampel diambil secara random menurut kelas, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 28 peserta didik. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol menggunakan model Discovery learning (DL). Instrumen penelitian yang digunakan soal tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis peserta didik berupa soal uraian. Tes ini dilakukan satu kali pada akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaaan dua rata�rata. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa pengaruh kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis peserta didik dengan model Discovery Learning (DL). Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) termasuk kategori sedang. Kata kunci: Pemahaman Matematis, Komunikasi Matematis, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:29
Last Modified: 08 Feb 2022 04:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item