HARYANTO, DENI (2021) PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (793kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (899kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (751kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI-DAFTAR TABEL.pdf Download (931kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (929kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (875kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (931kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (834kB) |
Abstract
ABSTRAK DENI HARYANTO. (2021). “PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021”. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran sejarah materi mempertahankan kemerdekaan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Singaparna semester genap tahun ajaran 2020/ 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode naturalistik dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah catatan lapangan, pedoman wawancara dan beberapa dokumen termasuk foto dan gambar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi dengan dua cara yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran sejarah materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Singaparna merupakan pilihan yang baik karena keterbatasan waktu yang tersedia tidak menjadi halangan untuk proses pembelajaran. Sisi negatif dari proses pembelajaran ini adalah dengan waktu yang tersedia model kooperatif yang direncanakan tidak terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Youtube, Media Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 04:10 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 04:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4500 |
Actions (login required)
View Item |