STUDENTS’ VOICE AS A MIRROR: PROMOTING PRE-SERVICE TEACHER REFLECTIVE PRACTICE THROUGH AUDIO FEEDBACK

ARIFIN, DIMAS (2019) STUDENTS’ VOICE AS A MIRROR: PROMOTING PRE-SERVICE TEACHER REFLECTIVE PRACTICE THROUGH AUDIO FEEDBACK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DIMAS ARIFIN 152122101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian reflective practice ini bertujuan untuk menyelidiki tentang penggunaan umpan balik audio dari peserta didik sebagai alat refleksi untuk membantu calon guru meningkatkan pengembangkan profesi sebagai guru. Penelitian ini melibatkan tiga orang siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa rekaman audio yang berisi umpan balik mengenai pengajaran saya selama di kelas, kemudian data tersebut dianalisis secara tematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga manfaat utama dari penggunaan umpan balik audio ini yaitu umpan balik terhadap kepribadian guru, manajemen kelas dan strategi mengajar di kelas. Oleh sebab itu, refleksi menggunakan umpan balik audio ini menyediakan pandangan yang lebih luas dan berbeda dari perspektif siswa tentang cara mengajar saya sebagai calon guru sehingga saya bisa merefleksi berbagai hal terkait pengajaran sebagai guru yang belum tentu bisa saya refleksikan oleh diri sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:35
Last Modified: 08 Feb 2022 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item