CHALLENGES OF ACADEMIC WRITING FOR UNDERGRADUATE STUDENT IN INDONESIA : A NARRATIVE INQUIRY

FATUROHMAN, APEP (2019) CHALLENGES OF ACADEMIC WRITING FOR UNDERGRADUATE STUDENT IN INDONESIA : A NARRATIVE INQUIRY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
APEP FATUROHMAN 132122119 THESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menulis karya tulis ilmiah merupakan tantangan bagi para mahasiswa. Mereka harus mengumpulkan gagasan, menemukan jurnal-jurnal yang relefan sebagai sumber-sumbernya, dan yang paling penting adalah mereka harus menulis sebuah proposal penelitian dengan tata bahasa Inggris yang benar dan melaksanakan bimbingan dengan pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan-tantangan dan strategi-strategi dalam karya tulis ilmiah. Narrative inquiry digunakan sebagai metode penelitian. Peneliti sendiri menjadi partisipan penelitian. Diari dan analisa dokumen menjadi sumber-sumber data penelitian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisa naratif yang diadaptasi dari Ozyıldırım (2006, as cited in Akinsanya, 2014). Hasil analisis mengungkap bahwa memiliki kemampuan grammar yang kurang memadai, mempunyai rekan-rekan yang tidak mendukung, dan menjadi seorang penunda-nunda menjadi tantangan�tantangan dalam menulis proposal penelitian. Untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi-strategi yang digunakan oleh partisipan adalah membaca buku�buku grammar, mempunyai rekan-rekan untuk berbagi, dan mempunyai motivasi. Maka, bagi para mahasiswa yang mempunyai tantangan-tantangan yang serupa, strategi-strategi tersebut dapat menjadi jawaban untuk mengahadapinya agar mempunyai proposal penelitian yang lebih baik. Kata Kunci: Mahasiswa, Kesulitan-kesulitan dalam Menulis, Karya Tulis Ilmiah, Narrative Inquiry

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:20
Last Modified: 08 Feb 2022 03:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item