LISNAWATI, AI SUSI (2021) STUDI PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ILL- STRUCTURED MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROV. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (87kB) |
|
Text
2 Lembar pengesahan.pdf Download (102kB) |
|
Text
3 Abstrak.pdf Download (142kB) |
|
Text
4 Katapengantar.pdf Download (166kB) |
|
Text
5 Bab 1.pdf Download (209kB) |
|
Text
7 Bab 2.pdf Download (381kB) |
|
Text
8 Bab 3.pdf Download (274kB) |
|
Text
9 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
10 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
11 Dftr Pustaka.pdf Download (142kB) |
Abstract
ABSTRAK AI SUSI LISNAWATI. 2021. Studi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Ill-Structured Matematika Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Tipe Keperibadian Extrovert dan Introvert. Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. Proses berpikir kreatif matematik merupakan salah satu cara untuk melihat persoalan dari banyak perspektif. Tahapan berpikir yang dikembangkan oleh Wallas meliputi tahap pesiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi dan tahap verifikasi. Masalah ill- structured matematika merupakan masalah yang unsur-unsurnya tidak disajikan secara jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah ill-structured matematika berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif dalam bentuk ill-structured, angket tipe kepribadian extrovert - introvert yang diambil dari MBTI (Myer Bringgs Type Indicator) dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar angket tipe kepribadian, soal tes berpikir kreatif dalam bentuk ill-structured. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang diambil dari kelas VIII F SMP Negeri 1 Singaparna yang berjumlah 30 siswa tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Semua subjek extrovert melalui tahap persiapan, iluminasi dan verifikasi dengan karakteristik umum tipe kepribadian extrovert yang sama, kecuali tahap inkubasi karena ada salah satu subjek yang tidak melewati tahap inkubasi. Semua subjek extrovert hanya mampu memenuhi beberapa indikator berpikir kreatif saja, hal ini karena subjek terlalu fokus pada rumus. (2) Semua subjek introvert dapat melewati semua tahapan Wallas yang meliputi tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi dengan karakteristik umum tipe kepribadian introvert yang sama. Hanya satu subjek yang mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif, sedangkan dua subjek lainnya hanya mampu memenuhi beberapa indikator saja yaitu fluency dan elaborasy. Kata Kunci : berpikir kreatif , ill-structured, tipe kepribadian extrovert dan introvert.
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 03:02 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 03:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4474 |
Actions (login required)
View Item |