Taryadi, Taryadi (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER revisi.pdf Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (178kB) |
|
Text
BAB I revisi.pdf Download (235kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB III revisi.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA rev..pdf Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK Taryadi. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajatan Inside Outside Circle (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi pada sebuah teks eksposisi yang dibaca merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, kenyataannya di SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 belum mampu mengidentifikasi informasi serta memnyimpulkan isi pada sebuah teks eksposisi dengan benar. untuk mencapai KD tersebut, diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan pemebelajaran tersebut. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian mengenai mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Inside Outside Circle meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, tes dan wawancara. Penelitian yang penuis laksanakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan adanya data hasil penelitian yang mendukung keberhasilan ini sebagai berikut. Pada sikus kesatu kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksposisi peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 14 orang (44%) sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 18 (56%) dan siklus kedua peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 32 orang (100%). Selain itu, dalam aspek keterampilan siklus kesatu peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 12 orang (37%) sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 20 orang (63%) dan siklus kedua peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 32 orang (100%). Data tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapatditerima. Kata kunci: Mengidentifikasi Informasi Teks Eksposisi, Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi, Inside Outside Circle, PTK
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 06:44 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 06:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4452 |
Actions (login required)
View Item |