IRSALINA, SITI (2021) DISCLOSING STUDENTS’ CHALLENGES DURING DIGITAL STORYTELLING CLASS: A CASE STUDY IN HIGHER EDUCATION IN INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-1.pdf Download (126kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-5-6.pdf Download (162kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-2.pdf Download (58kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-14-19.pdf Download (132kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-20-41.pdf Download (160kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-42-60.pdf Download (126kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-61-85.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-86-87.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
Text
Print_SKRIPSI_SITI IRSALINA (172122010)_ 060821 (1)-88-93.pdf Download (153kB) |
Abstract
ABSTRAK SITI IRSALINA. 2021. Disclosing Students’ Challenges during Digital Storytelling Class: A Case Study in Higher Education in Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Saat ini teknologi menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran bahasa. Teknologi digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan bahasa siswa dan mencapai hasil belajar yang baik. Salah satu teknologi yang sering digunakan siswa sebagai media pembelajaran adalah digital storytelling, karena digital storytelling sering digunakan oleh guru mereka di dalam kelas. Terlebih digital storytelling menjadi salah satu kelas di sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Semenjak kelas digital storytelling melibatkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajarannya dan penelitian mengenai tantangan yang dihadapi siswa selama kelas digital storytelling masih sedikit, maka penelitian ini berfokus untuk mengungkapkan tantangan siswa dalam membuat digital storytelling dan cara untuk menghadapi tantangan tersebut selama di kelas digital storytelling. Untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai metode penelitiannya. Selain itu, terdapat tiga peserta yang terlibat dalam penelitian ini, mereka adalah siswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 yang telah mengikuti kelas digital storytelling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara semi terstruktur. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan tematik analisis dari transkrip wawancara peserta. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan yang biasanya ditemukan dalam membuat digital storytelling selama kelas digital storytelling diantaranya penggunaan teknologi, proses pembuatan digital storytelling menghabiskan waktu yang banyak, dan kreativitas. Dengan demikian, cara yang siswa lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut adalah meningkatkan kemampuan dalam penggunaan teknologi, meningkatkan pengelolaan waktu, dan meningkatkan kreativitas. Kata kunci: Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa, Media Pembelajaran, Digital Storytelling, Tantangan Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 06:44 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 06:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4449 |
Actions (login required)
View Item |