PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

SEPTIANI, ASTRI (2019) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN new.pdf

Download (313kB)
[img] Text
07. BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
08. BAB II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK ASTRI SEPTIANI. 2019. Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Virus (Studi Eksperimen Di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran kebanyakan masih belum mampu meningkatkan cara belajar serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya kreativitas pendidik untuk memilih metode pembelajaran yang tepat. Metode Brainstorming merupakan metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui penyampaian berbagai ide – ide kreatif dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi virus di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan Desember 2019. Metode penelitian menggunakan true eksperiment dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 280 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis menggunakan soal uraian pada materi virus sebanyak 10 pertanyaan dan tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada materi virus sebanyak 30 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analyze of covarience) dengan probabibilitas atau taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi virus di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Kata Kunci : Brainstorming, Berpikir Kritis, Peserta Didik, Virus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:11
Last Modified: 03 Feb 2022 01:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item