PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Salawu)

SUKMARAMAWANTI, PUJI (2019) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Salawu). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
ABSTRAKk.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SKRIPSI Puji (152154155)-FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PUJI SUKMARAMAWANTI. 2019. Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup (Penelitian terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Salawu Tahun Ajaran 2019/2020). Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada konsep Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII SMP Negeri 1 Salawu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Oktober 2019 di SMP Negeri 1 Salawu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi kelas VII SMP Negeri 1 Salawu, sebanyak 10 kelas dengan jumlah peserta didik 298 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan ganda berjumlah 33 dan instrumen berpikir kritis berupa uraian (essay) berjumlah 21 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analysis of civariance) dengan ɑ 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka diperoleh simpulan terdapat pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada konsep klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 1 Salawu. Kata kunci: pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), hasil belajar, berpikir kritis, dan klasifikasi makhluk hidup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:11
Last Modified: 03 Feb 2022 01:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4365

Actions (login required)

View Item View Item