QISTHI, NAUFALIA (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE DOCS TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover_Naufalia Qisthi.pdf Download (203kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan_Naufalia Qisthi.pdf Download (183kB) |
|
Text
4. Abstrak_Naufalia Qisthi.pdf Download (295kB) |
|
Text
7. Daftar Isi_Naufalia Qisthi.pdf Download (311kB) |
|
Text
8. BAB 1_Naufalia Qisthi.pdf Download (369kB) |
|
Text
9. BAB 2_Naufalia Qisthi.pdf Download (430kB) |
|
Text
10. BAB 3_Naufalia Qisthi.pdf Download (684kB) |
|
Text
11. BAB 4_Naufalia Qisthi.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
Text
12. BAB 5_Naufalia Qisthi.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka_Naufalia Qisthi.pdf Download (427kB) |
Abstract
ABSTRAK NAUFALIA QISTHI. 2021. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE DOCS TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan kolaborasi secara Daring (dalam jaringan) yang memerlukan adanya media ataupun aplikasi yang dapat membangun keterampilan kolaborasi peserta didik Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan google docs terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X IPA pada materi Perubahan Lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian the matching-only posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol serta kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengerjaan tugas kelompok di kelas kontrol menggunakan microsoft word sedangkan kelas eksperimen menggunakan google docs. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan angket collaborative self-assesment tool (CSAT), lembar observasi, dan wawancara tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (t-test sample independent). Berdasarkan t-test sample independent didapatkan signifikansi sebesar 0,768 sehingga kesimpulan hipotesis yang didapat adalah Ho diterima dan Ha ditolak sebab sig. 0,768 > 0,05 dan pada hasil wawancara pada masing-masing kelas terdapat 1 perwakilan kelompok yang menjawab bahwa ia tidak berminat menggunakan microsoft word/google docs dalam pengerjaan tugas kelompok selanjutnya dan terdapat 1 perwakilan kelompok di kelas eksperimen yang menyatakan bahwa google docs tidak memudahkan dalam berbagi dan mengedit dokumen ketika mengerjakan tugas kelompok . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi google docs tidak efektif terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali pada materi Perubahan Lingkungan Kata Kunci: Google docs, Keterampilan Kolaborasi, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 03:02 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 03:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4337 |
Actions (login required)
View Item |