PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

KULSUM, NENDEN NUR SAYYIDAH (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER JUDUL.pdf

Download (62kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (889kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK NENDEN NUR SAYYIDAH KULSUM. 2019. PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan di kelas X MIPA di SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment, dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya, sebanyak enam kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dengan hasil kelas X MIPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur literasi sains peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan majemuk berjumlah 22 butir soal dan untuk hasil belajar berupa tes pilihan majemuk berjumlah 32 butir soal. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji Analysis of covariance (ANCOVA) dengan α 0,05. Berdasarkan hasil uji ANCOVA dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Literasi Sains, Model Discovery Learning dan Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:07
Last Modified: 28 Jan 2022 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item