PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB KONSEP KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungtanjung Tahun Ajaran 2017/2018)

PULOH, ACEP (2019) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB KONSEP KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungtanjung Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V. SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK ACEP PULOH 2017. “PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB KONSEP KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungtanjung Tahun Ajaran 2017/2018)” Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap kemapuan berpikir kritis siswa pada sub konsep klasifikasi mahluk hidup di SMP Negeri 2 Gunungtanjung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan Mei 2018 di SMP Negeri 2 Gunungtanjung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true-experiment. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Gunungtanjung sebanyak 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel diambil dengan mengunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis pada sub konsep klasifikasi mahluk hidup berupa soal uraian sebanyak 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan thitung berada didaerah penolakan H0. Hal ini menunjukkan ada pengaruh media diorama terhadap kemapuan berpikir kritis siswa pada sub konsep klasifikasi mahluk hidup di SMP Negeri 2 Gunungtanjung. Kata Kunci : Media Diorama, Berpikir Kritis, Sub Konsep Klasifikasi Mahluk Hidup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:33
Last Modified: 27 Jan 2022 07:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item View Item