Handayani, Mina Tutwuri (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP IT Boarding School Al-Jaohar Kab. Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER MINA T.H.pdf Download (23kB) |
|
Text
LEMBAR PEGESAHAN MINA T.H.pdf Download (7kB) |
|
Text
ABSTRAK Mina Tutwuri Handayani.pdf Download (8kB) |
|
Text
Bab I MINA T.H.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB II MINA T.H.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB III MINA T.H.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB IV MINA T.H.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
|
Text
BAB V MINA T.H.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA MINA T.H.pdf Download (10kB) |
Abstract
ABSTRAK i Mina Tutwuri Handayani. 2021. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Gagasan Kreatif dalam Bentuk Teks Cerita fantasi Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP IT Boarding School Al-Jaohar Kab. Ciamis tahun ajaran 2020/2021). Pelajaran bahasa indonesia merupakan pelajaran yang berbasis teks, setiap teks tersebut harus dikuasai oleh seluruh peserta didik susuai jenjangnya. Salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik kelas VII ialah teks cerita fantasi. Tetapi, penulis menemukan masalah di SMP IT Boarding School Al Jaohar Ciamis. terdapat beberapa peserta didik belum mampu mencapai KKM (70). Penulis mendapatkan informasi dari hasil wawancara dengan pendidik bahwa terdapat beberapa peserta didik belum mampu mencapai KKM. Selanjutnya penulis ingin malksanakan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan dan menyajikan teks cerita fantasi yang mencakup struktur dan kebahasaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan (3.4) 20 peserta didik atau 79% belum mencapai KKM dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (21%). Sementara pada aspek keterampilan (4.4) peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 15 orang atau 52% dan yang sudah mencapai KKM ialah 14 orang (48%). Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kedua, semua peserta didik sudah mampu mencapai KKM. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini penulis nyatakan telah berhasil. Dengan demikian, model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks cerita fantasi pada pada peserta didik kelas VII SMP IT Boarding School Al-Jaohar Kab. Ciamis tahun ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 04:26 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 04:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4304 |
Actions (login required)
View Item |