Apridasari, Eva Tiara (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, ISI DAN MERANGKUM ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A SMPN 19 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
sampul.pdf Download (41kB) |
|
Text
TITIMANGSA.pdf Download (414kB) |
|
Text
SKRIPSI (BAB 1-3) FIXXXXX.pdf Download (631kB) |
|
Text
SKRIPSI (BAB IV & V).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Eva Tiara Apridasari. 2019. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur, Kebahasaan, Isi dan Merangkum Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A SMPN 19 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi adalah menelaah struktur, kaidah kebahasaan, isi dan merangkum isi teks laporan hasil observasi. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah struktur, kaidah kebahasaan, isi dan merangkum isi teks laporan hasil observasi dengan benar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Dapatkah model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII A SMPN 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020? (2) Dapatkah model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan merangkum teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII A SMPN 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah (1) dapat tidaknya model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kebahasaan, isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII A SMPN 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020; (2) dapat tidaknya model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan merangkum teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII A SMPN 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi dengan sumber data guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 19 Tasikmalaya untuk kelas VII adalah 75. Pada siklus kesatu, pada kompetensi pengetahuan, sebanyak 25 peserta didik (78,1%) belum mampu mencapai KKM, dan 7 peserta didik (21,9%) lainnya telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, sebanyak 32 orang peserta didik (100%) memperoleh nilai sesuai KKM. Pada kompetensi keterampilan, hasil pembelajaran siklus kesatu menunjukkan sebanyak 25 peserta didik (78,1%) belum memenuhi nilai KKM, 7 peserta didik (21,9%) lainnya telah memenuhi nilai KKM. Pada siklus kedua sebanyak 32 peserta didik (100%) telah memperoleh nilai di atas KKM. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian dapat diterima. Artinya, model Pembelajaran Berbasis Masalah mampu meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, isi dan merangkum isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 06:42 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 06:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4260 |
Actions (login required)
View Item |