Listiani, Yova (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 1 Bantarkalong Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER FIX.pdf Download (164kB) |
|
Text
ABSTRAKk, L. PERNYATAAN PENGESAHAN, KP, DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 1,2,3,4,5 (pdf.io).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Yova Listiani, 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menentukan Isi Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VII B SMP Negeri 1 Bantarkalong Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP/ MTs adalah mengidentifikasi informasi teks deskripsi sebagai ranah pengetahuan dan menentukan isi teks deskripsi sebagai ranah keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkalong tahun ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menentukan isi teks deskripsi pada kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkalong tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkalong tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu aspek pengetahuan yang belum mencapai KKM ada 23 orang peserta didik (63,9%) yang belum mencapai KKM dan sebanyak 13 orang peserta didik (36,1%) telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan ada 15 orang peserta didik (41,7%) yang belum mencapai KKM dan sebanyak 21 orang peserta didik (58,3%) telah mencapai KKM. 23 orang (63,9%) dan 13 orang (36,1%) telah mencapai KKM. Pada siklus kedua seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Bantarkalong tahun ajaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan hipotesis hasil penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:06 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4225 |
Actions (login required)
View Item |