Royani, Rani (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 21 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
RANI ROYANI (162121069).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Rani Royani, 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Isi, Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah dan menyajikan teks eksposisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, dalam kenyataan di SMP Negeri 21 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 peserta didik kelas VIII masih belum manpu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay Two Stray meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan teknik pengumpulan data yang meliputi teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dan sumber data yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Tasikmlaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebehasaan teks eksposisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 17 orang (61%), dan peseta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 11 orang (39%). Pada pembelajaran menyajikan terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 14 orang (50%), dan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 14 orang (50%). Pada siklus kedua baik pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan maupun menyajikan teks eksposisi semua peserta didik yang berjumlah 28 orang (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) . Dihitung secara statistik, dengan cara uji wilcoxon data kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi pada siklus kesatu dan siklus kedua diperoleh hasil Whitung = 0 Wtabel (89,9). Artinya, model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Tasikmalaya. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 01:05 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 01:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4191 |
Actions (login required)
View Item |