ANALISIS KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SILVER DAN HANSON

PUTRIYANNAH, LIA NUR INDAH (2021) ANALISIS KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SILVER DAN HANSON. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI LIA NUR INDAH REV1S1 done.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK LIA NUR INDAH PUTRIYANNAH. 2021. ANALISIS KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SILVER DAN HANSON. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kelancaran prosedural matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar mastery learning, interpersonal learning, understanding learning, dan self-expressive learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksploratif dengan pendekatan think aloud. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes kelancaran prosedural matematis, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yakni soal tes kelancaran prosedural matematis, lembar angket gaya belajar, dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal kelancaran prosedural matematis meliputi empat sampai lima indikator yaitu memilih prosedur, menggunakan prosedur, memanfaatkan prosedur, mengembangkan prosedur dan memodifikasi atau memperbaiki prosedur pada materi Segiempat dan Segitiga serta memenuhi gaya belajar Silver dan Hanson. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek mastery learning memenuhi kelima indikator kelancaran prosedural matematis dengan langkah pengerjaan rinci, berurutan dan hasil yang benar, (2) subjek interpersonal learning memenuhi kelima indikator kelancaran prosedural matematis dengan hasil yang benar, namun langkah pengerjaan kurang rinci dan tidak berurutan, (3) subjek understanding learning memenuhi kelima indikator kelancaran prosedural matematis dengan langkah pengerjaan yang lengkap, hasil yang benar, namun tidak berurutan, (4) subjek self-expressive learning memenuhi empat indikator kelancaran prosedural matematis dengan langkah pengerjaan yang berurutan namun tidak mendetail dan hasil yang didapat kurang tepat. Kata kunci: analisis, kelancaran prosedural matematis, gaya belajar Silver dan Hanson

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:24
Last Modified: 24 Jan 2022 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item