AYUNINGTYAS, RISKA AMELIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01.cover skripsi.pdf Download (49kB) |
|
Text
02.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (12kB) |
|
Text
04.ABSTRAK untuk skripsi.pdf Download (116kB) |
|
Text
06.DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
08.BAB I.pdf Download (155kB) |
|
Text
09.BAB II.pdf Download (671kB) |
|
Text
10.BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
11.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
Abstract
ABSTRAK RISKA AMELIA AYUNINGTYAS. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Wimba dengan Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Jaringan Tumbuhan (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran wimba dengan pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan (studi eksperimen di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya 2019/2020). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai dengan bulan Oktober 2019 di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah 175 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian pada materi jaringan tumbuhan berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice yang berjumlah 34 butir soal, dan untuk berpikir kreatif adalah berupa tes kreatif figural yang berjumlah 7 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Ancova dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran wimba dengan pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini ditemukan terdapat peningkatan aspek kognitif hasil belajar terutama pada jenjang mengingat. Terdapat peningkatan berpikir kreatif terutama pada indikator vividness. Kata Kunci : Berpikir kreatif, hasil belajar, jaringan tumbuhan, wimba
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 07:37 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 07:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4114 |
Actions (login required)
View Item |