JANNAH, ULFA KHURFATUL (2020) ANALISIS FUNGSI PEMASARAN PRODUK FUNDING DALAM MENINGKATKAN USAHA KSPPS BMT WIRA MANDIRI TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Ulfa Khurfatul Jannah 141002099.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfa Khurfatul Jannah, 2019, Analisis Fungsi Pemasaran Produk Funding Dalam Meningkatkan Usaha KSPPS BMT Wira Mandiri Tasikmalaya. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pemasaran produk funding pada KSPPS BMT Wira Mandiri Tasikmalaya. Pemasaran memegang kunci keberhasilan dalam menggali, memelihara (mempertahankan) dan mengembangkan sumber-sumber penghasilan BMT. Dari hasil studi pendahuluan yang penulis lakukan di KSPPS BMT Wira Mandiri Tasikmalaya pada kenyataannya dilihat dari sumber data yang ada, bahwa setiap tahunnya jumlah anggota simpanan mengalami flukuatif/naik turun. KSPPS BMT Wira Mandiri adalah satu-satunya BMT di kota Tasikmalaya yang sudah terdaftar sebagai anggota Perhimpunan BMT Indonesia (PBMTI), tentunya itu menjadi nilai tambah tersendiri dalam daya jual. Dalam pelaksanaan pemasaran produk simpanan di BMT Wira Mandiri dengan strategi yang telah diterapkan dan mempunyai nilai tambah seharusnnya target yang telah ditetapkan bisa tercapai. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana fungsi pemasaran produk funding dalam meningkatkan usaha KSPPS BMT Wira Mandiri? dan Apa kendala dalam pemasaran produk funding di KSPPS BMT Wira Mandiri? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti sebagai intrumen kunci. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu,data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakaan : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di KSPPS BMT Wira Mandiri Tasikmalaya, kegiatan pemasaran pada produk funding ini akan berdampak positif terhadap usaha Baitul Maal wa Tamwil, salah satunya pembiayaan yang merupakan salah satu aktivitas utama pada Baitul Maal wa Tamwil karena pembiayaan adalah sumber pendapatan utama dan menjadi penunjang kelangsungan usaha sebuah Baitul Maal wa Tamwil. Akan tetapi banyak hal yang belum diterapkan secara maksimal oleh pihak manajemen diantaranya: tidak adanya perencanaan secara sistematis, strategi yang tidak jelas, tidak adanya langkah-langkah pemasaran dan tidak adanya pengendalian baik evaluasi ataupun perbaikan yang dilakukan oleh pihak manajemen sebagai pemangku kebijakan dan ini menjadi faktor penghambat terhadap peningkatan usaha BMT. Kata kunci : Fungsi Pemasaran, Produk Funding, KSPPS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 06:02 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 06:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4079 |
Actions (login required)
View Item |