PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SMP KELAS VIII

SARAH, YAYU YULIANI (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SMP KELAS VIII. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI YAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Yayu Yuliani Sarah. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP Kelas VIII. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP kelas VIII, menilai kualitas bahan ajar, serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar berbasis PBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research adan Development (R & D) dengan mengacu pada model 4-D yaitu yaitu Define, Design, Development, dan tidak sampai tahap Disseminate dengan beberapa penyesuaian. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Sumber penelitian adalah enam peserta didik kelas VIII B. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,11 berdasarkan penilaian dosen dan termasuk kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,19 berdasarkan penilaian guru matematika. Tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan serta badengan bahan ajar berbasis PBL peserta didik lebih mengerti lagi tentang materi SPLDV. Kata kunci: bahan ajar, Problem Based Learning (PBL), SPLDV

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:12
Last Modified: 17 Jan 2022 01:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item