ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

LATIFAH, DINI NURUL (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK DINI NURUL LATIFAH. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari disposisi matematis tinggi, sedang, kurang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penyebaran angket disposisi matematis, tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yaitu angket disposisi matematis dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tasikmalaya dengan subjek penelitian 4 orang peserta didik yang diambil dari kelas VIII-B yang termasuk kedalam kategori disposisi matematis tinggi, sedang, kurang, dan rendah 4 kategori tersebut diambil dari 1 peserta didik yang mempunyai skor tertinggi dari masing-masing setiap kategori. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Peserta didik kategori disposisi matematis tinggi memenuhi karakteristik kemampuan kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan benda-benda nyata, situasi, dan peristiwa sehari-hari kedalam bentuk model matematika, menjelaskan ide dan model matematika kedalam Bahasa biasa dan menjelaskan dan membuat pertanyaan matematika yang dipelajari. Peserta didik kategori disposisi matematis sedang memenuhi karakteristik kemampuan komunikasi matematis, hanya saja dalam melakukan perhitungan ada sedikit kesalahan. Peserta didik kategori disposisi matematis kurang, kurang memenuhi karakteristik kemampuan komunikasi matematis karena kurang lengkap dalam mengerjakan soal dan menghitung. Peserta didik kategori disposisi matematis rendah tidak memenuhi karakteristik kemampuan komunikasi matematis karena tidak memahami soal dan konsep. Kata kunci: analisis, Disposisi Matematis,Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:26
Last Modified: 14 Jan 2022 03:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item