HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (Studi Pada Anak Usia 4-6 Tahun Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Miftahul Khoer Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)

NURHAYATI, INDA (2020) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (Studi Pada Anak Usia 4-6 Tahun Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Miftahul Khoer Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (704kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK INDA NURHAYATI. 2020. Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Perkembangan Bahasa Anak (Studi pada Anak Usia 4 – 6 Tahun Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Miftahul Khoer Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pola asuh demokratis orang tua dan tingkat perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun serta untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun yang ada di TAAM Miftahul Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah Deskriftip Kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah 28 anak TAAM Miftahul Khoer di Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya beserta orang tuanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi product moment dengan menggunakan program Microsoft Exel dan SPSS for window 16.0. Teori yang mendasari adalah teori Hurlock (2010: 85) yang menyatakan bahwa terdapat unsur penting yang dapat mempengaruhi pembentukan pola asuh pada anak, yaitu pengaturan, hukuman, penghargaan dan konsistensi. Sedangkan untuk teori perkembangan bahasa menggunakan teori Nurbiana Dhieni, dkk (2009: 36) yang menyatakan bahwa perkembangan seseorang terdiri dari dua aspek yaitu aspek kebahasaan dan non kebahasaan. Dari hasil analisis uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) untuk hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan bahasa anak sebesar 0,720. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan bahasa anak TAAM Miftahul Khoer di Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Kata kunci: demokratis, perkembangan, bahasa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:17
Last Modified: 13 Jan 2022 06:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item