ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

JULIANTO, GIAN (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_GIAN JULIANTO_152151068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK GIAN JULIANTO. 2020. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan dan penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Tempat pelaksanaan penelitian di SMA Negeri 1 Jatiwaras, subjek dalam penelitian ini diambil dua subjek berdasarkan hasil tes soal cerita, aktivitas dalam penelitian ini adalah kegiatan subjek dalam pengerjaan soal cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pada subjek 10 terjadi kesalahan konsep, yaitu peserta didik tidak mampu menyebutkan informasi yang terdapat pada soal, terjadi kesalahan operasi, yaitu dengan kesalahan dalam melakukan operasi hitung matematika. Pada subjek 26 terjadi kesalahan konsep, yaitu peserta didik tidak mampu menyebutkan informasi yang terdapat pada soal, terjadi kesalahan operasi, yaitu dengan kesalahan dalam melakukan operasi hitung matematika dan terjadi kesalahan prinsip, yaitu dengan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel disebabkan oleh, masih kurangnya pemahaman peserta didik tentang redaksi kata dalam matematika, terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang diberikan, kurang teliti dalam melakukan operasi menyelesaikan soal cerita dan tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Kata kunci: Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, Soal Cerita, Kesalahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:59
Last Modified: 12 Jan 2022 06:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item View Item