DAMPAK PERUBAHAN JAM PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK NEGERI 1 BANJAR TERHADAP KESADARAN NASIONALSISME PESERTA DIDIK

SETIANIE, MITHA (2020) DAMPAK PERUBAHAN JAM PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK NEGERI 1 BANJAR TERHADAP KESADARAN NASIONALSISME PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

MITHA SETIANIE. (2020). DAMPAK PERUBAHAN JAM PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK NEGERI 1 BANJAR TERHADAP KESADARAN NASIONALISME PESERTA DIDIK. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah dampak perubahan jam pelajaran sejarah terhadap kesadaran nasionalisme siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui mengapa jam pelajaran mata ajar sejarah untuk jenjang SMK dibatasi. (2) Untuk mengetahui dampak perubahan jam pelajaran sejarah terhadap kesadaran nasionalisme. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek untuk menjawab suatu permasalahan. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dengan narasumber, kuesioner. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan pengurangan jam pelajaran sejarah di jenjang SMK mempengaruhi sikap serta kesadaran nasionalisme siswa, materi pembelajaran yang terlalu banyak membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam memahaminya. Guru tidak mempunyai kesempatan untuk mendidik dan mengajarkan makna serta tujuan sejarah yang sebenarnya akibat keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi yang terlalu banyak jika dalam satu kali pertemuan. Peserta didik kemudian memiliki sikap acuh terhadap pelajaran sejarah, mereka cenderung mengejar nilai daripada proses serta makna sejarah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengurangan jam pelajaran sejarah berdampak besar terhadap kesadaran nasionalisme, kesadaran nasionalisme perlu ditempatkan pada posisi yang seharusnya sebagai antisipasi disintegrasi bangsa serta dari pengaruh globalisasi. Kata Kunci : Sejarah, SMK, Nasionalisme

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:34
Last Modified: 12 Jan 2022 03:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item