SUJARWATI, TUTI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU SEJARAH BERBASIS QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK KERAJAAN ISLAM DI NUSANTARA DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (63kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (400kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Tuti Sujarwati. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Sejarah Berbasis Qr Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Pokok Kerajaan Islam Di Nusantara Di Kelas X Mipa 1 Sma Negeri 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilakukan dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya yang rendah pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran Kartu Sejarah berbasis QR Code terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi pokok Kerajaan Islam di Nusantara di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya dan kelas X MIPA 1 sebagai sampel penelitian. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini melakukan teknik analisis data dengan menggunakan program IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengolahan data dan hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test diperoleh nilai thitung dari hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol dengan df 57 adalah sebesar 4,489. Nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung 4,489 > ttabel 2,002. Dengan nilai probabilitas atau Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari digunakannya media pembelajaran Kartu Sejarah berbasis QR Code terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi pokok Kerajaan Islam di Nusantara di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: Media Pembelajaran, Kartu Sejarah, QR Code, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:33 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3949 |
Actions (login required)
View Item |