Hikmah, Nurul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI, JENIS SERTA MENYIMPULKAN ISI, SARAN, AJAKAN, ARAHAN, DAN PERTIMBANGAN HAL POSITIF DALAM TEKS PERSUASI(Eksperimen pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Kertasemaya Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB I - III.pdf Download (534kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Salah satu teks yang harus dikuasai siswa kelas VIII semester 2 adalah teks persuasi. yang harus dipelajari siswa kelas VIII dalam teks persuasi tersurat dan tersirat dalam KD 3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif, atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca. Serta kompetensi dasar nomor 4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif, permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan dan pertimbangan hal positif serta menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan dan pertimbangan hal positif dalam teks persuasi. Penulis memilih model Inside Outside Circle (IOC) karena pembelajaran ini menarik. Model Inside Outside Circle (IOC) memberi kesempatan kepada peserta didik agar saling berbagi informasi pada waktu yang bersamaan, meningkatkan kekompakan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Penelitian yang telah dilaksanakan dalam sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B berjumlah 35 orang kelas kontrol SMP Negeri 1 Kertasemaya. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada mengidentifikasi jenis saran, ajakan, serta arahan dan mempertimbangkan hal positif teks persuasi kelas eksperimen yaitu 85,13. dan rata-rata nilai peserta didik kelas kontrol 84,50. Rata-rata nilai dalam kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi pada peserta didik kelas eksperimen yaitu 82,43 dan rata-rata nilai peserta didik kelas kontrol 81,95. Berdasarkan pemerolehan data yang diolah menggunakan analisis statistik, bahwa peningkatan kemampuan mengidentifikasi jenis dan menyimpulkan isi jenis saran,ajakan arahan serta pertimbangan hal positif pada teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle lebih baik dibandingkan menggunakan teknik ceramah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 06:52 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 06:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/393 |
Actions (login required)
View Item |