PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

RIZALDI, AHMAD ANDI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD ANDI RIZALDI, 2019. Pengaruh Penggunaan Media Adobe Flash Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kurikulum 2013 yang menerapkan konsep pembelajaran berpusat pada siswa merupakan salah satu tantangan pengajar dalam menyusun komponen pembelajaran sebaik mungkin sehingga siswa memiliki keinginan tinggi untuk tetap mengikuti pembelajaran. Dan salah satu komponen pembelajaran tersebut adalah media pembelajaran. Penggunaan media inovatif merupakan salah satu solusi akan masalah tersebut. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media adobe flash terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Cipasung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 sampai dengan November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain randomized posttest-only control group design. Populasi seluruh kelas X MIPA SMA Islam Cipasung tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 252 orang. Dengan teknik sampling cluster random sampling dihasilkan kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian motivasi menggunakan angket yang telah tervalidasi oleh ahli berjumlah 36 butir dan instrumen hasil belajar menggunakan soal berjumlah 30 butir berbentuk pilihan majemuk. Berdasarkan analisa menggunakan ANCOVA pada taraf signifikasni (α) = 0,05, dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh penggunaan media adobe flash terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Media pembelajaran, adobe flash, motivasi, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:09
Last Modified: 10 Jan 2022 01:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item