Ghassani, Lasty (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP/MTs adalah mengidentifikasi informasi teks fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar sebagai ranah pengetahuan dan menceritakan kembali isi teks fabel/legenda daerah setempat sebagai ranah keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran mengindentifikasi informasi teks fabel/legenda daerah setempat dan menceritakan kembali isi teks fabel/legenda daerah setempat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengujicobakan atau menyelidiki hubungan sebab akibat keefektifan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel teks fabel/legenda daerah setempat dan menceritakan kembali isi teks fabel teks fabel/legenda daerah setempat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik diskusi. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest mengidentifikasi informasi teks fabel teks fabel/legenda daerah setempat di kelas eksperimen sebesar 85,9, sedangkan di kelas kontrol sebesar 73,5, sehingga terjadi perbedaan sebesar 12,4. Nilai rata-rata posttest menceritakan kembali isi teks fabel teks fabel/legenda daerah setempat di kelas eksperimen sebesar 78,7, sedangkan di kelas kontrol sebesar 68,5, sehingga terjadi perbedaan sebesar 10,2. Berdasarkan hasil Uji W (wilcoxon) diketahui bahwa dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel teks fabel/legenda daerah setempat diperoleh hasil Whitung (3) < (lebih kecil) daripada nilai Wtabel taraf signifikansi 0,01 (30) = 107,27 dan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks fabel teks fabel/legenda daerah setempat diperoleh hasil Whitung (0) < (lebih kecil) daripada nilai Wtabel taraf signigikansi 0,01 (30) = 107,27. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel/legenda daerah setempat dan menceritakan kembali isi teks fabel teks fabel/legenda daerah setempat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Artinya, hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 06:43 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 06:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/391 |
Actions (login required)
View Item |