Gumilar Pratama Nugraha, Ilham (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA PUISI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
Text
Kata Pengantar dan Daftar Isi.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (7kB) |
Abstract
Kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII. Faktanya di MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Meskipun demikian, di MTs. Ar-Rohmah masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna puisi yang dibaca. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu dapatkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII C MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa untuk kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada siklus kesatu peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 15 orang (55,55%), peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 12 orang (44,44%), sedangkan pada siklus kedua sebanyak 27 peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kesatu kemampuan untuk kompetensi dasar menyimpulkan unsur-unsur- pembangun dan makna puisi peserta didik yang sudah mencapai KKM 15 orang (55,55%), peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 12 orang (44,44%), sedangkan pada siklus kedua 27 peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Unsur-Unsur Pembangun dan Makna Teks Puisi pada peserta didik kelas VIII B MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 06:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 06:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/390 |
Actions (login required)
View Item |