PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA PUISI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)

Gumilar Pratama Nugraha, Ilham (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA PUISI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
Kata Pengantar dan Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (7kB)

Abstract

Kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII. Faktanya di MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Meskipun demikian, di MTs. Ar-Rohmah masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna puisi yang dibaca. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu dapatkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII C MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa untuk kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada siklus kesatu peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 15 orang (55,55%), peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 12 orang (44,44%), sedangkan pada siklus kedua sebanyak 27 peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kesatu kemampuan untuk kompetensi dasar menyimpulkan unsur-unsur- pembangun dan makna puisi peserta didik yang sudah mencapai KKM 15 orang (55,55%), peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 12 orang (44,44%), sedangkan pada siklus kedua 27 peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Unsur-Unsur Pembangun dan Makna Teks Puisi pada peserta didik kelas VIII B MTs. Ar-Rohmah Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:41
Last Modified: 15 Aug 2019 06:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item