NURJANAH, ARSYI FAUZIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENULIS PUISI (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (44kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (12kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN 1.pdf Download (156kB) |
|
Text
8. BAB II LANDASAN TEORETIS 2.pdf Download (501kB) |
|
Text
9. BAB III PROSEDUR PENELITIAN TOP.pdf Download (657kB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Arsyi-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
|
Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA Arsyi.pdf Download (153kB) |
Abstract
ABSTRAK Arsyi Fauzia Nurjanah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Menganalisis dan Menulis Puisi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran berbasis teks. Teks yang dipelajari di kelas X antara lain teks laporan hasil observasi, teks eksposisi, teks anekdot, teks negosiasi, teks debat, cerita ulang (Biografi), teks puisi dan resensi buku. Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut diperlukan proses pembelajaran dengan menggunakan model yang sesuai dengan pendekatan saintifik yang dianut kurikulum 2013. Salah satu teks yang dipelajari di kelas X, yaitu teks puisi. Hal ini tersurat pada kompetensi dasar 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi dan 4.17 Menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Berpengaruh secara signifikankah model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dalam menganalisis unsur pembangun puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019)Berpengaruh secara signifikankah model pembelajaran Think-Talk�Write (TTW) dalam menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019? Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menganalisis dan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen sungguhan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Berdasarkan penelitian, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada Kompetensi Dasar menganalisis unsur pembangun puisi pada kelas eksperimen diperoleh nilai 51,6 (Pretest) dan 81,5 (Postest). Pada kelas kontrol diperoleh 47,17 (Pretest) dan 77,9 (Postest). Nilai rata-rata peserta didik Kompetensi Dasar Menulis puisi dengan menggunakn unsur pembangun puisi pada kelas eksperimen 45,5 (Pretest) dan 79,4 (Postest). Pada kelas kontrol diperoleh 53 (Pretest) dan 75,3 (Postest). Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 < Wdaftar = 107,26. Dengan demikian, hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 06:06 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 06:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3850 |
Actions (login required)
View Item |